Thursday, 18 January 2018

Tips Memilih Keju Yang Tepat Untuk Membuat Kue Kastangel

Tips Memilih Keju Yang Tepat Untuk Membuat Kue Kastangel

Andy2dsd.org - Siapa sih yang tidak kenal dengan kue nastar, semprit atau kastengel? Anda pasti pernah mencoba kue-kue ini, minimal pernah makan salah satunya lah ya. Berbagai jenis kue ini memang sudah sangat terkenal dan disukai banyak orang di Indonesia karena kue kering ini memiliki rasa yang nikmat, tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu keras seperti kue kering lainnya sehingga banyak disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sebagai penggemar kuliner, Saya sendiri merupakan salah satu penggemar dari kue nastar dan kastengel, kue yang banyak disajikan pada momen hari raya Idul Fitri ini memiliki rasa yang sangat nikmat, isian selai nastar yang lumer serta taburan keju kering diatas kastengel menjadi salah satu nilai tambah yang membuat saya ketagihan dengan kue kering ini.

Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi mengenai resep kue kastangel lebih renyah dan nikmat, selain itu saya juga akan sedikit berbagi trik tentang cara memilih keju yang tepat untuk membuat kue kastangel. Menarik bukan? berikut selengkapnya.

Cara Memilih Keju Yang Tepat Untuk Membuat Kue Kastengel Lebih Renyah

Salah satu tips agar kue kastengel yang Anda buat memiliki tekstur yang lebih renyah dan rasa yang lebih nikmat yaitu ada pada jenis keju yang digunakan, jenis keju yang biasa digunakan untuk membuat kue kastengel pada umumnya adalah jenis keju yang memiliki tekstur keras atau hard cheese Anda bisa pilih antara jenis keju Edam atau keju Parmesan, namun pada artikel kali ini saya akan menggunakan keju Edam yang lebih mudah ditemukan di Indonesia. Selain menggunakan jenis keju yang tepat (hard cheese) menggunakan keju yang berlebihan dan tidak sesuai dengan takaran resep yang ada juga tidak baik, alih-alih menambah rasa keju di kue kastengel atau nastar penggunaan keju yang berlebihan justru akan mengaburkan rasa menjadi tidak enak.

Untuk membuat kue kastangel yang nikmat dan lebih renyah bahan-bahan yang diperlukan yaitu, 300 gram tepung terigu, 1 butir telur ayam, 3 kuning telur yang sudah diaduk, 250 gram mentega, 100 gram keju edam, 100 gram keju cheddar, serta Margarin yang digunakan sebagai olesan sesuai kebutuhan.

Untuk cara membuatnya sama dengan cara membuat kue kastengel pada umumnya, langkah pertama yaitu campur dan kocok mentega dengan 1 buah telur hingga mengembang, parut dan masukkan 100 gram keju edam kedalam adonan dan aduk hingga merata, kemudian tuangkan 300 gram tepung terigu kedalam adonan, perlu diketahui salah satu trik agar kue kastangel ini memiliki tekstur yang lebih renyah yaitu saat proses pengadukan tidak boleh terlalu lama karena akan membuat adonan menjadi lumer saat dipanggang.

Ketika proses pembuatan adonan sudah selesai, tinggal menggiling dan membentuk adonan menjadi ukuran kue kastengel yang diinginkan. Sebelum dipanggang jangan lupa olesi terlebih dahulu kue kastengel dengan adonan kuning telur yang sudah disiapkan, serta taburi dengan keju cheddar parut diatasnya.

Untuk proses pemanggangan kira-kira memerlukan waktu selama 20-30 menit, tips terakhir yaitu disela-sela waktu pemanggangan jangan lupa untuk kembali mengolesi kue kastengel dengan kuning telur agar permukaan kue lebih mengkilap.

Bagian terakhir yaitu tips untuk menyimpan kue kastangel agar tetap renyah dan nikmat, caranya yaitu setelah kue kastangel matang dari oven dinginkan terlebih dahulu selama 10 menit kemudian segera masukkan kedalam toples tertutup dan simpan di freezer selama kurang lebih satu malam. Kue kastangel anda sudah bisa dinikmati untuk sajian tamu atau camilan bersama keluarga.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

Andy2dsd.org



EmoticonEmoticon