Sunday, 24 December 2017

Tips Membersihkan Noda Menempel Pada Peralatan Memasak

Tips Membersihkan Noda Menempel Pada Peralatan Memasak

Andy2dsd.org - Memasak merupakan salah satu kegiatan umum yang biasa dilakukan sehari-hari, baik untuk yang sudah berumah tangga maupun yang belum erumah tangga. Biasanya dalam satu hari memasak bisa memerlukan waktu yang lumayan lama dan dilakukan 2-3 kali sehari, paling tidak memasak untuk sarapan dan makan malam.

Sebagai anak kos yang belum berumah tangga saya sendiri juga sering memasak meskipun hanya sebatas memasak nasi goreng atau membuat mie instan. Nah, salah satu hal yang cukup mengganggu saya ketika memasak yaitu ketika panci atau wajan yang ada didapur terlihat kotor dan meninggalkan bekas gosong.

Kalau sudah begitu kadang saya urungkan niat untuk memasak sendiri dan lebih memilih untuk beli makanan diluar, karena biasanya untuk mencuci wajan atau panci yang sudah gosong itu tidak mudah dan butuh kesabaran ekstra.

Bagi Anda yang gemar memasak membersihkan peralatan dapur tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri, apalagi peralatan memasak seperti wajan dan panci bisa dibilang termasuk dalam peralatan pokok yang sering digunakan. Harganya pun tidak murah sehingga kita harus cermat agar peralatan memasak tersebut bisa awet dan tahan lama.

Maka dari itu agar peralatan memasak bisa menjadi lebih awet dan tahan lama ada beberapa tips untuk mencegah panci dan wajan cepat kotor yang bisa Anda terapkan.

Pertama, usahakan setelah selesai memasak segera pindahkan masakan ke mangkok atau wadah khusus, kemudian segera bersihkan permukaan panci atau wajan dengan air bersih agar sisa makanan tidak kering dan menempel.

Kedua, Saat memasak usahakan gunakan kompor, menggunakan kompor gas untuk memasak sehari-hari terbukti jauh lebih baik daripada menggunakan kayu bakar, terutama untuk menjaga daya tahan peralatan memasak. Hal ini disebabkan karena saat memasak dengan menggunakan kayu bakar asap yang ditimbulkan lebih banyak, sehingga mengotori bagian bawah panci atau wajan dan menyebabkan munculnya noda dan kerak kehitaman yang semakin lama akan semakin menempel jika tidak dibersihkan.

Untuk mengatasi masalah noda gosong dan noda sisa-sisa masakan yang sudah terlanjur menempel pada panci atau wajan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, berikut merupakan tips cara praktis membersihkan panci.

Siapkan busa spons kasar tapi jangan gunakan alat cuci gosok yang terbuat dari alumunium, busa yang baik digunakan biasanya berwarna hijau teksturnya mirip seperti karpet. Siapkan juga bahan-bahan yang mengandung konsentrat asam tinggi seperti Jeruk nipis, baking soda atau cuka. Bisa juga dengan cairan pembersih yang siap pakai seperti Sunlight Dobel Power yang menggunakan ekstrak jeruk nipis asli.

Setelah itu siapkan panci atau wajan kotor dan bilas dengan air bersih, tuangkan cairan pembersih pada permukaan busa spons kasar dan beri sedikit air, kemudian mulai gosok bagian permukaan panci yang kotor dengan busa spons kasar secara searah dan berulang kali sampai noda gosong hilang.

Cara tersebut biasanya akan berhasil menghilangkan noda pada panc atau wajan yang tingkat noda kotornya tidak terlalu parah, maka dari itu selalu perhatikan panci atau wajan setelah selesai memasak, jika dirasa sudah terlalu kotor makan langsung segera dibersihkan agar tidak menjadi semakin parah.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

Andy2dsd.org



EmoticonEmoticon