Tuesday, 15 November 2016

Tips Memilih Hardisk Internal Terbaik



Spesifikasi hardisk internal terbaik - Hardisk internal merupakan salah satu komponen penting yang membuat sebuah PC (personal computer) maupun laptop mampu bekerja, tanpa adanya hardisk internal berbagai sistem operasi serta sofware di kompter tidak akan pernah bisa berjalan, karena tidak memiliki storage atau tempat penyimpanan data yang dibutuhkan. Maka dari itu pemilihan spesifikasi hardisk internal terbaik dalam setiap kali melakukan perakitan sebuah komputer sangat penting dilakukan, jika tidak mau mengalami masalah seriut terkait kehilangan data di kemudian hari.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Hardisk

Tips Memilih Hardisk Internal Terbaik


Di toko-toko komputer banyak di jual berbagai merek dan tipe hardisk, bagi sebagian orang yang baru mulai mengenal komputer hal ini lumayan membingungkan, apalagi selain merek dan tipe kapasitas penyimpanan hardisk yang beragam, masih ada lagi kriteria-kriteria yang harus dipilih oleh si calon pembeli, misalnya seperti kecepatan read and copy data pada hardisk, besarnya ruang untuk cache serta konsumsi pemakaian daya yang dibutuhkan oleh hardisk.

Berbagai pertimbangan dan kriteria dalam memilih hardisk seperti diatas belum tentu disadari dan dimiliki oleh setiap orang, setidaknya untuk menentukan spesifikasi hardisk internal terbaik harus mengetahui fungsi dasar hardisk seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Untuk kriteria harga dalam memilih hardisk juga bisa menjadi daya ukur tersendiri, di pasar sering terjadi ketimpangan harga hardisk yang cukup jauh, misalnya untuk hardisk internal segala merek dengan tipe kapasitas penyimpanan dibawah 500 Gigabyte di Indonesia rata-rata dijual dengan harga dibawah Rp 500 ribu, padahal jika kita lebih teliti dalam memilih tipe dan spesifikasi hardisk dengan hanya menambah Rp 80 ribu kita bisa mendapat sebuah hardisk dengan tipe kapasitas penyimpanan tiga kali lipat.

Hal seperti ini sering kali terjadi ketika si pembeli ingin memiliki hardisk internal tetapi memiliki budget terbatas dan malas riset pasar, sehingga hanya mengambil dari merek yang sudah umum dipasaran.

Satu lagi tips yang harusnya menjadi pertimbangan dalam memilih spesifikasi hardisk internal yaitu melihat dari fungsi dan peran yang akan dijalani oleh hardisk tersebut, dari pengalaman pribadi dan beberapa rekan saya, kebanyakan para pengguna PC (Personal Computer) akan membutuhkan beberapa hardisk tidak hanya sebuah hardisk saja, hal ini karena mudahnya melakukan customisasi serta kebutuhan ruang penyimpanan data yang setiap waktu pasti akan meningkat.

Tips yang harus diperhatikan sebelum meimilih dan membeli hardisk internal, yaitu peran hardisk ini nantinya akan dijadikan sebagai hardisk utama atau hanya digunakan sebagai penyimpanan data saja. Jika kita membeli hardisk diawal saat melakukan perakitan sebuah personal computer tentu saja kita harus memilih spesifikasi hardisk internal yang sangat bagus, dengan kriteria tipe kapasitas penyimpanan data yang cukup, kapasitas memori cache yang besar serta memiliki konsumsi pemakaian daya yang tidak terlalu besar.

Sebenarnya untuk tipe kapasitas penyimpanan data bisa lebih fleksibel, tergantung kebutuhan masing-masing orang, untuk kapasitas cache yang besar dalam hardisk internal sangat dibutuhkan di sebuah personal komputer, mengingat sekarang ini banyak software maupun game yang membutuhkan cache yang besar, cache yang besar memungkinkan komputer kita untuk bisa menjalankan dengan mulus berbagai software.

Namun, jika kita ingin membeli hardisk hanya untuk media penyimpanan data atau hadisk kedua, ketiga dan seterusnya, kita bisa sedikit menurunkan kriteria-kriteria seperti cache yang besar serta konsumsi daya pemakaian pada hardisk, spesifikasi saat memilih hardisk ini yang paling utama yaitu kapasitas, banyak yang menawarkan tipe-tipe hardisk yang memiliki kapasitas penyimpanan besar namun performanya kurang makasimal, kita tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan memang sesuai dengan fungsi dan spesifikasinya.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

Andy2dsd.org



EmoticonEmoticon