Wednesday, 30 November 2016

2 Jenis Investasi Masa Depan Untuk Anak Muda

  2 Jenis Investasi Masa Depan Untuk Anak Muda


2 Jenis Investasi Masa Depan Untuk Anak Muda - Kesadaran akan pentingnya masa depan bagi sebagian orang menurut saya justru membuat mereka menjadi sosok pribadi yang tidak realistis dan cenderung tertutup dengan berbagai hal baru. Di kampus tempat saya berkuliah misalnya, ada dua atau tiga orang yang terlalu fokus untuk mengejar nilai maksimal di setiap mata kuliah, pada suatu hari ketika saya ngobrol dengan salah satu dari mereka, jawabanya sungguh mengejutkan saya saat itu.

Menurut dia, nilai maksimal di setiap mata kuliah merupakan sebuah investasi masa muda yang wajib mereka lakukan saat ini, meskipun banyak hal lain yang bisa dia lakukan namun bagi dia prioritas utama adalah untuk meraih nilai maksimal di setiap mata kuliah, meskipun harus mengorbankan hal-hal lain.

Memang tidak ada yang salah dari pernyataan tersebut, sebagai seorang pelajar atau mahasiswa yang baik, kewajiban utama adalah untuk belajar agar mendapatkan nilai yang baik di setiap mata kuliah yang di ambil, Akan tetapi, baguskah cara berfikir demikian untuk perkembangan masa muda?

Bagi saya sendiri jika berbicara soal investasi bayangan saya tidak akan terlalu jauh dari menyimpan uang dalam bentuk emas, reksadana ataupun deposito. Ketiga jenis investasi itu sampai saat ini masih terbukti memiliki value yang besar bagi para pelakunya, investasi dalam bentuk emas misalnya, hal ini sudah terbukti bisa menjaga nilai mata uang yang kita miliki, meskipun terjadi invlasi besar-besaran ataupun penurunan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika, nilai emas tidak akan banyak terpengaruh, apalagi ditambah dengan harganya yang setiap tahun justru semakin naik, tidak heran jika membelanjakan emas sebagai bentuk investasi aman masih diminati banyak orang.

Namun sayangnya tidak semua anak muda mampu untuk bisa menyisihkan uang demi melakukan investasi dalam bentuk emas, reksadana ataupun deposito. Jujur, hal ini juga terjadi kepada saya sendiri. Maka dari itu, sebagai langkah awal dua jenis investasi masa muda berikut ini bisa menjadi alternatif, agar investasi masa muda kita tidak terlewat begitu saja.

Investasi Pada Skill dan Hobby

Di era kemajuan teknologi serta pertumbuhan pangsa pasar yang semakin berkembang, pilihan untuk melakukan investasi masa muda pun juga ikut berkembang. Era kemajuan teknologi sekarang ini sudah memungkinkan kita untuk bertransaksi, menyimpan uang serta berinvestasi dalam berbagai macam cara.

Misalnya untuk para mahasiswa, saat ini tentu setiap orang pasti sudah terhubung secara online satu sama lain melalui kecanggihan teknologi internet, hal ini memungkinkan kita untuk membuat sebuah brand atau melakukan branding terhadap dirinya sendiri. Di dunia maya maupun dunia nyata peran brand tidaklah jauh berbeda, seseorang yang menginvestasikan waktunya untuk melakukan branding di internet pasti juga akan banyak dikenal dan dibicarakan dalam percakapan sehari-hari.

Bahkan jika saat ini kita memiliki sebuah hobby yang menarik, dan kita mau menekuni serta berinvestasi pada waktu latihan, maka tidak mustahil jika suatu hari nanti hobby kita justru akan menjadi sumber finacial yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Investasi Nama Baik

Bagi sebagian orang reputasi dan harga diri itu sangat penting, hal ini sangat wajar, karena manusia sebagai makhluk sosial tentu ingin dihargai dan dianggap sebagai salah satu bagian dari sebuah kelompok sosial. Maka selagi masih muda, alangkah baiknya jika kita mulai membangun reputasi diri kita sendiri, terlepas dari orang tua atau keluarga yang ada dibelakang kita. Reputasi dan nama baik yang kita jaga sejak kita masih muda nantinya akan sangat bermanfaat dan menjadi investasi yang tidak ternilai, apalagi ketika kita memutuskan untuk membangun sebuah usaha.




EmoticonEmoticon